Pembasmian Massal Hama dan Penyakit di Ruang Makan Taruna

Pembasmian Massal Hama dan Penyakit di Ruang Makan Taruna

MAGELANG - Akademi Militer membasmi serangga berupa (kecoak, nyamuk, tikus termasuk kucing liar) di Ruang Makan Husein, Ruang Makan Soemargo dan sekitarnya. Kegiatan ini bantu 10 orang personel dari PT. Turacon Wirasta dari Jakarta dengan Pimpinan bapak Zainal Arifin yang di terima oleh Kolonel Inf Dodiet Lumwartono, S.Pd selaku Dandenma Akmil dan Kapenhumas Akmil Letkol Arm Kukuh Dwi Antono, S.I.P. Minggu (05/09/2021). 

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari Sabtu dan Minggu tanggal 4 dan 5 September 2021. Kolonel Inf Dodiet Lumwartono, S.Pd selaku tuan rumah Akademi Militer menyampaikan bahwa, ”Pembasmi serangga di ruang makan Akademi Militer berupa serangga, kecoak mengakibatkan penyakit pencernaan dan mengganggu kenyamanan juga menjijikan. Nyamuk pada umumnya mengurangi kenyamanan dan penyebab penyakit DBD (aedes aegepty). Tikus juga binatang hama pengerat apapun yang digigit mengakibatkan penyakit pes/plague dan leptospirosis serta variannya. Termasuk kucing liar yang menimbulkan ganguan (pencurian lauk dan pencurian lain) termasuk kotorannya cukup mengganggu juga mendatangkan rabies dengan gigitannya. Dengan adanya gangguan tersebut maka Akademi Militer melakukan penanggulangan dan pencegahan terhadap hama tersebut”. 

“Kegiatan ini dipastikan pelaksanaannya mematuhi Prokes (Protokol Kesehatan), tidak lupa faktor keamanan di utamakan karena semua alat-alat digunakan setiap hari untuk makan Taruna Akmil, Siswa Sepa PK juga Capratar (Akmil, AAU, AAL dan Akpol). Semua barang alat makan di cover/plastic”, lanjut beliau. 

Pimpinan PT. Turacon Wirasta bapak Zainal Arifin menguraikan kegiatan pembasmiannya, ”kegiatan ini meliputi ruang makan utama Husein dan Sumargo, dapur tempat masak, tempat pencucian, gudang logistic dan sekitaran gedung. Di dalam gedung dilakukan penyemprotan pada seluruh area ruangan, suluruh celah kursi dan meja makan, bawah kompor/ alat dan tempat masak ruang dapur, saluran pembuangan limbah kotor dari dapur dan gudang stok dengan menggunakan White Oil. Untuk yang di luar gedung dilakukan pengasapan dan penyemprotan pada saluran drainase dan halaman luar gedung. 

Pimpinan PT. Turacon Wirasta melanjutkan, “Penanggulangan Tikus dengan pemasangan kotak-kotak umpan pada ruang dalam gedung/dapur, pinggir pinggir dinding dalam dan luar gedung yang di pandang aman. Setelah 4 hari pemasangan umpan dilakukan pengecekan bila terdapat tikus mati di ambil dan di kubur dalam tanah. Untuk penanggulangan hama kucing dengan cara ditangkap langsung atau dengan peralatan kandang dan Jaring. Selanjutnya di buang jauh dari ruang tersebut dan kegiatan pengecekan dilakukan selama 1 bulan kedepan sehingga diyakinkan semuanya dapat bersih, aman dari segala penyakit”. 

Editor : Agung Lbs

Agung Setiyo

Agung Setiyo

Previous Article

Taruna Akmil Tingkat IV Penerbad Menyongsong...

Next Article

Sertijab Perwira Tinggi dan Tradisi Warga...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono

Agung widodo

Agung widodo

Postingan Bulan ini: 157

Postingan Tahun ini: 386

Registered: Apr 8, 2021

Amelia Rizky

Amelia Rizky

Postingan Bulan ini: 94

Postingan Tahun ini: 100

Registered: Jul 10, 2020

Kusdiyono

Kusdiyono

Postingan Bulan ini: 78

Postingan Tahun ini: 513

Registered: Feb 23, 2021

Siswandi

Siswandi

Postingan Bulan ini: 50

Postingan Tahun ini: 708

Registered: Jul 11, 2020

Profle

AAN SETYAWAN

Pembasmian Massal Hama dan Penyakit di Ruang Makan Taruna
Peserta Pendidikan Vokasi UI dari TNI AD Tahun 2021 Bagi Masker
Tradisi Lepas Sambut Dandim 0712/Tegal
Wujud Kecintaan Jenderal TNI Andika Perkasa Kepada Keluarga Besar TNI AD 

Follow Us

Recommended Posts

Lanjut dan Kebut, Pekerjaan TMMD Reg-112 Kodim 0720/Rembang Sudah Hampir Terselesaikan
Tim Dispenad Berkunjung Ke Lokasi TMMD Kodim 0720/Rembang di Salah Satu Penerima Bantuan RTLH, Ini Tujuannya
Dukung Program Percepatan Vaksinasi , Babinsa Koramil Adiwerna Kodim 0712 Tegal Dampingi Pelajar
Cuaca Extrem, Anggota Satgas TMMD Kodim 0720/Rembang Dengan Giat Laksanakan Tugasnya
Anggota Satgas TMMD Kodim 0720/Rembang Gunakan Alat Seadanya Untuk Angkut Langsir Material, Begini Kondisinya